Luis Enrique Tinggalkan Barcelona

Pelatih Barcelona, Luis Enrique mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala pelatih dengan torehan prestasi yang tidak terlalu buruk. Mantan pelatih AS Roma itu menyatakan untuk mengundurkan diri dari kursi kepelatihan setelah sebelumnya mengarsiteki Lionel Messi dan kawan-kawan selama tiga musim.

Bersama Blaugrana (julukan Barecelona) Enrique mampu memberikan banyak gelar mulai dari piala Liga Primera, Copa del Rey, Supercopa Espana, Liga Champions dan piala dunia antar klub. Semua gelar tersebut membuktikan kualitas dari pelatih yang kini sudah berusia 47 tahun itu.

Memiliki nama lengkap Luis Enrique Martinez Garcia dulunya merupakan mantan pemain Barcelona yang kini menjadi pelatih dengan torehan prestasi cukup gemilang. Berhentinya dari bangku kepelatihan Blaugrana, nampaknya disambut dengan suka cita oleh ribuan penggemar bahkan para anak asuhnya yang ikut dalam acara perpisahan dirinya. Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez, Xavier Hernandez dan Andres Inesta Lujan ikut memberikan penghargaan dalam acara perpisahan tersebut.

Ernesto Valverde

Pelatih Baru Barcelona

Meski pada musim ini Barcelona gagal bersaing dengan Real Madrid dalam memperebutkan piala La Liga, namun pelatih yang tenar dengan sapaan Lucho ini tetap mendapatkan respek yang begitu besar baik dari para pendukung maupun para pemainnya. Kejeniusan serta kecerdikannya dalam memadukan tiki taka khas Barcelona dengan permainan melebar memberikan warna baru pada penampilan Balugrana selama di arsiteki oleh dirinya.

Dia merupakan pelatih dengan semangat juang tinggi. Bersamanya di ruang ganti pada saat jeda pertandingan, dirinya tidak pernah henti-hentinya memberikan semangat dan masukan kepada kami. Saya pribadi merasa kehilangan dengan mundurnya sosok pelatih seperti dia dari tim kami,” ujar Messi pada saat acara perpisahan Enrique.

Keakraban Messi dengan Enrique memang sering terlihat di sela-sela latihan. Tidak jarang pemain kunci Barcelona itu bersenda gurau bersama Lucho. Bahkan dirinya merasa cukup sedih dengan mundurnya Enrique dari kursi kepelatihan. “Jujur, ini adalah hal yang sangat tidak bagus dengan dirinya menyatakan mundur dari pelatih. Tapi saya dan teman-teman selalu respek dengannya. Itu adalah haknya untuk meninggalkan tim namun pastinya kami selalu menghormati dirinya,” tandas Messi.

Selamat Datang Ernesto Valverde

Ernesto Valverde Barcelona

Ernesto Valverde Pengganti Luis Enrique

Balugrana nampaknya tidak ingin membuang-buang waktu dalam mengejar target di musim depan. Usai penrnyatakan mundurnya pelatih mereka, Luis Enrique beberapa hari lalu. Bekas pelatih Athletic Bilbao , Ernesto Valverde langsung di tunjuk oleh presiden tim untuk menggantikan Enrique selama dua tahun kedepan.

Banyak harapan dari para pendukung Barcelona kepada Valverde agar target La Liga musim depan bisa tercapai dan berhasil merebutnya kembali dari rval mereka Real Madrid. Bukan hanya dari para pendukung saja yang memiliki harapan besar terhadap pelatih baru mereka tersebut. Gelandang enrgik Ardan Turan juga memberikan komentarnya terhadap harapan dua tahun kedepan bersama pelatih baru mereka itu.

Luis Enrique memang pelatih yang sangat bagus dan sudah banyak sekali gelar yang kami dapatkan bersamanya, tapi saya rasa saat ini yang terpenting adalah untuk menatap Liga Spanyol musim depan. Bersama Ernesto Valverde sepertinya tidak akan menjadi buruk. Saya selalu menghormati siapapun pelatihnya termasuk dirinya. Harapan besar pendukung kami berada di tangannya kini,” tandas gelandang bertahan yang kerap menjadi pemain andalan semasa Enrique menjadi pelatih.

Pernyataan Ernesto Valverde

Ernesto Valverde yang juga mantan pelatih Athletico Bilbao memberikan pernyataannya kepada awak media Spanyol seusai di tunjuknya sebagai kepala pelatih Barcelona. Dia menyatakan cukup yakin dalam menatap musim depan bersama klub hebat seperti Barcelona saat ini.

Saya merasa bahagia bisa menjadi pelatih disini. Meskipun pendahulu saya (Luis Enrique) merupakan pelatih hebat dengan torehan gelar yang cukup banyak tapi saya merasa itu menjadi sebuah semangat baru untuk saya agar bisa melebihi gelar yang selama ini sudah di raihnya,” kata Valverde.